Thursday, September 8, 2016

Top 10 fungsi meja sekolah bagi para pelajar

1. Sebagai tempat belajar 
Fungsi meja belajar yang satu ini udah mainstream banget, fungsi utama. Dari namanya aja udah bisa ketebak kalo itu meja yang difungsikan buat belajar. Tapi buat murid2 dengan level kreativitas yang melebihi murid2 pada umumnya, belajar bukan cuma duduk di kelas, dengerin guru ceramah, dan calistung. So, simak fungsi2 lain dari meja belajar selanjutnya ya, Tem (singkatan dari kata "teman").

2. Tempat menyimpan perlengkapan belajar
Fungsi yang ini mah juga udah lazim. Biasa aja. Meja belajar terutama buat nyimpen buku2 paket pelajaran pinjeman dari sekolah yang tebelnya minta ampun dan sehari belajar bisa pakai lebih dari tiga buku paket yang kalo dibawa bawa jadi nyusahin saking beratnya melebihi belanjaan emak di pasar. Makanya, murid2 yang tipe orang simpel dan gak mau ribet biasanya nyimpen buku2 paket di laci meja. Kalo butuh, tinggal ambil. Kalo ilang, tinggal pinjem temen, giliran harus balikin buku2 ke sekolah sehabis lulusan, tinggal meringis. 

3. Tempat nyontek terbaik
Meja belajar memang meja yang difungsikan buat belajar, iyaa, belajaar, belajar gimana caranya berasa invisible saat ujian (nyontek tanpa ketahuan guru). Please ya adek2, jangan tiru adegan tsb di kelas! Jangan jadi generasi koruptor, jadilah generasi yang jujur. Setuju?


4. Tempat menyalurkan kreativitas dan curahan hati
Buat para cowo dan cewe yang gak punya buku gambar, buku diary, atau buku pelajarannya ketinggalan, meja belajar bisa jadi alternatif buat menuangkan ide, kreativitas, dan curahan hati. Biasanya murid2 menulis pakai tipe-x (bukan nama band) kalian gimana nyebutnya penghapus tinta? Tipex, stipo, atau apa lah itu pokoknya cairan putih2. Ada yang nulis namanya disandingkan dengan nama cewe yang ditaksirnya dan dipisahkan dengan gambar hati yang kena panah bagian tengahnya. Itu salah satu contoh bahwa di tangan anak2 kreatif, meja belajar bisa disulap menjadi kanvas, buku diary, billboard, atau bahkan jadi buku pelajaran minimalis (alias contekan). STOP! Jangan lakukan yang terakhir.

5. Tempat mainan HP baca komik sewaan paling aman 
Dulu, di jaman gue sekolah belum ada yang pakai HP (ketauan nih kalo penulis udah tua, idup di jaman yang serba tradisional). But it's OK, meski termasuk generasi era 90an, kami ini gak gaptek2 and gak katrok2 banget kok. Perpaduan antara laci meja dan paha adalah lokasi paling kece buat mainan HP atau baca komik sewaan. Pegang buku pelajaran, diberdirikan di atas meja, sedikit condong ke depan (biar kelihatan baca buku betulan), tapi mata harus tetap awas. Hati-hati, adegan ini butuh konsentrasi ganda, karena fokus terpecah ke dua arah, ke depan (dimana guru berada) dan ke bawah (di mana HP atau komik berada).

6. Tempat nempelin kotoran

Siapa yang hobinya ngunyah permen kareeet?? Siapa yang suka ngupil di kelaaass?? Siapa yang doyan makan permen karet campur upiiiill?? Sumpah, yang terakhir ini jijik! Apa yang biasa kalian lakuin kalo lagi bosen dengerin guru ceramah di depan kelas? Ngantuk, ketiduran, bahkan sampe ileran. Ada juga yang menyiasati dengan cara ngunyah permen karet, katanya sih belajar sambil ngunyah permen karet bisa ningkatin konsentrasi. Ada juga yang gak sengaja kepergok lagi mengeduk harta karun dari dalam hidung alias ngupil. Dua jenis kotoran (upil dan permen karet yang udah hambar) itu kan bentuknya kecil dan sifatnya lengket2 gimanaaa gitu, pasti kan butuh tempat khusus buat nglepasin dua benda itu dari kita kan? Nah, cara praktis dan efisiennya adalah dengan nempelin kotoran itu ke kolong meja belajar. Mulut, hidung, dan tangan kita jadi bersih, kotorannya pun gak kelihatan dari luar. Wow, magic! Jujur, ada yang pernah nglakuin ini? (penulis sering pernah)

7. Tempat sampah pribadi

Fungsi meja belajar yang satu ini hampir sama dengan yang sebelumnya. Intinya, laci meja belajar juga bisa dipakai buat tempat sampah milik pribadi. Tempat sampah ini bersifat sementara, sebelum pada akhirnya semua sampah dibuang ke tempat pembuangan akhir. Kegunaannya antara lain buat penampungan bungkus permen, bungkus snack, kertas bekas, tisu bekas, pacar bekas. Pokoknya yang bekas2 gitu lah. Tapi ingat ya girls, jangan buang pembalut bekas di laci, bikin mampet. Oke fix! Abaikan yang terakhir! 

8. Sebagai alat musik

Ini dia fungsi meja belajar yang paling artistik, sebagai alat musik. Terutama buat cowok2 nih, bisa ngadain konser musik cuma dengan bermodalkan sebiji meja belajar. Konser biasanya digelar selama jam kosong, gak ada tugas, dan guru killer atau guru pengganti gak datang ke kelas. Alat musik tabuh ini bakalan dimainkan secara bersamaan, diiringi suara tenor, bariton, bas yang sumbang sahut-sahutan, yang disatukan oleh tujuan yang sama: "yang penting hepii". Bukan main, kerennya.

9. Tempat duduk kalo lagi gak ada guru

Meski guru-guru dan orang-orang sepuh bilang duduk di meja itu gak sopan, tapi, bukan anak (n)akal namanya kalo belum pernah nyobain duduk di atas meja begini. Bergabung dalam satu kolompok diskusi (gossip), ada yang duduk di kursi, di lantai, di meja, dan di paha temennya. Kapan lagi bisa begini kan? Mumpung lagi gak ada guru.

10. Sebagai restoran dadakan
 

Jam istirahat, laper, tapi males ke kantin? Tenang, cukup modal nitip atau malak temen buat bawain makanan ke kelas. Istilah kerennya "take away." Atau pas ada jam pelajaran extra, dan dibekali mama makanan dari rumah, buat dimakan sama2 di kelas. Di saat itu lah meja belajar berfungsi sebagai restoran dadakan. Perut kenyang, hati pun riang!


Yup! itulah top ten fungsi dari meja belajar yang selama ini mungkin gak kita sadari. So, gunakan meja belajar kalian dengan baik dan bijak ya guys. Terimakasih udah bersedia dengan ikhlas maupun terpaksa baca postingan gak penting and gak jelas ini. Sampai jumpa lagi di postingan yang lebih gajebo (gak jelas boo'). See youuu... :D

separador

1 comments:

musti nanahara said...

restoran dadakan...

Post a Comment

Followers