Sunday, June 9, 2019

Aku Lelah, Mengertilah...

OAku lg sebel.
Berawal dr kemaren itu.
Aku ngurusi warung, anak dimomong uti, pagi siap2, sore pulang bentar nyempetin mandi, berangkat lg, pulang malem. Gitu terus hampir selama sebulan. Rutinitas itu terjadi pas masih puasaan hingga habis lebaran sampai sekarang.
Aku lelah.
Aku tau suamiku jg sama lelahnya.
Kerja pabrik dr pagi sampe sore, ngurusi warung yg di Karanganyar, belum lg wira wiri ke warung satunya di Sukoharjo (warung yg tadi ku bilang : aku ngurusi warung). Perjalanan naik motor butuh waktu sekitar sejam.

Yg aku ga suka tu seolah olah suami yg paling lelah sedunia, lelahnya suami yg paling lelah dibanding lelahnya istri. Suami ga ngerti posisi sbg emak2 beranak bayi, soalnya ga pernah dan ga bakal ngalami. Sedangkan aku? Aku pernah ngalami apa yg suamiku alami. Kerja pabrik, beruntun, dan wira wiri, jd aku bisa bandingkan gimana rasa lelahnya orang kerja dibanding lelahnya seorang ibu rumah tangga yg ngrangkep kerja.

Warung di Sukoharjo sempet sepi pas awal2 puasa kemaren, bahkan sempet tutup. Itu pilihan yg lebih bijaksana daripada buka tapi merugi. Di minggu ke dua dan ke tiga Ramadhan, pelanggan mulai berdatangan. Tapi dua karyawan udah terlanjur ditarik ke warung Karanganyar yg notabene warung induk, milik mbk Pipah, dan kebetulan rame pesenan, alhamdulillah. Jadi yg ngurusi warung di Sukoharjo cuma aku, dibantu satu karyawan, kadang dibantu Lik, dan suami jg.

Kemaren warung rame, isah2 banyak bgt, alhamdulillah. Beres2 seakan ga selesai2, aku selak pingin muleh ketemu anak. Eeh, suami ga ndang2 bantuin, malah mainan hp, ngurusi jual beli online manuk, alhamdulillah manuk e laku. Karepku ki mbok mainan hp ne mengko disit gitu lah. Ga ngerti prioritas. Manajemen waktu nya ga oke.
Aku mutung, ku tinggal pulang lah tu isah2an sm beres2 yg blm selesai. Ora urusan. Butuh ndang tekan ngomah, resik2 awak, nyekel anak.

Hari ini, Minggu, 9 Juni 2019, kan janjian  buka warung jam 12 siang. Jam 9 aku tu dah standby di warung, nyiapin apa aja yg bisa ku siapin. Soalnya jam 11 harus segera pulang, Uti sm Lik ga bisa momong Jasmine ky biasanya, krn ada acara reuni. Suami dan dua karyawan masih di Karanganyar. Jadi aku sendirian nyiapin warung. Pertama masuk tu liat masih ada sisa perkakas yg blm beres, gelas2 masih ada yg di depan, ada yg di dapur, drink jar sm magicjar blm dicuci, dapur masih berantakan. Belum bikin kremes, blm nyiapin sayuran buat steak. Bikin kremes ini yg paling lama, bisa sampe 2 jam. Dan jam 11 mereka ga datang2. Katanya nunggu air ungkepan ayam dr Mbk Ipah yg baru diungkep jam 9an. Bikin kremesnya kan pake cairan ajaib itu.

Aku kan jd sebel.
Ngawur aja! Nunggu ungkepan ayam yg perlu waktu sekitar sejam. Hla mbok ya segera ke warung Sukoharjo pagi2, ngungkep paha ra ketang sekilo di sana, disambi nyiapne warung. Kan bisa. Efektif dan efisien. Warung bisa ready jam 12, tepat waktu. Kenapa ada tiga laki2 ga bisa berpikir cerdas soal manajemen waktu, gitu hlo? Heran deh!

Dari dulu aku dah bilang, aku lelah. Karyawan kuminta balik ke warung di Sukoharjo tapi ga diijinin sm suami. Dengan alasan kasihan, nanggung, di Sukoharjo cuma bentar lalu balik Karanganyar lg krn bentar lg libur lebaran. Itu pas masih puasaan. Di minggu2 terakhir Ramadhan. Jasmine (anakku yg paling kintung2 sedunia) kena demam, sembuh dr demam, ganti pilek batuk ketularan aku, sampe sekarang pun aku masih pilek. Sang emak terkena flu, pilek tiada henti2nya. Udah ingus kuning sih, tp masih produksi aja ini ga tau kapan berhentinya. Dan perut ku sering kram, berasa ky disminore kalo menjelang haid. Flek jg. Aku ga tau knp, mungkin efek KB, mau priksa blm bisa nyempetin. Dan istri ngeluh begitu tu suami ga peka. Lebih kasian ke karyawannya daripada ke istrinya.

Sebenernya suami ga maksa dan ga nyuruh buka warung kalo memang ga mampu. Tapi aku rela buka warung meski tanpa 2 rewang, biar warung jgn sampe vakum. Kan eman2. Dapet hasil dikit gakpapa, toh pada akhirnya alhamdulillah hasil warung selama Ramadhan bisa buat beli freezer, meskipun second.

Sekarang aku ambil cuti. Mau istirahat dr urusan warung, body udah melemah. Di rumah wae, momong anak.

Pesan buat para suami :
1. Kalo kalian merasa capek, lelah, lungkrah krn kerja, jangan trs merasa kalian lah yg paling menderita akibat kelelahan itu. Lihatlah istrimu, momong ki yo ga sepenak dan segampang anggapanmu.
2. Wanita (istri) kalo minta tolong ki mbok ya digatekne, trs dikerjakne apa panjalukan e. Ojok mung hape mu wae sing mbok gatekne. Ngertio prioritas, jan jane ki luweh penting istrimu apa hapemu? Istri minta tolong ini itu tu bukan berarti menjadikanmu spt babu. Justru malah kadang istrimu yg kamu perlakukan spt pembantu.
3. Kenapa istri sering mengingatkan suami utk begini begitu? Karena, entah kenapa, mungkin ini dah dr alam bawah sadar kali ya, wanita tu detail dan menginginkan sesuatu itu tertata dan perfect. Jd kalo ada pekerjaan yg belum beres, pungin e ndang2o diberesi, ndang gawean liyane.
4. Istrimu ki wes rela melepas masa "single happy"nya buatmu, jd teman hidupmu dg segala kelebihan dan kekuranganmu, momong anakmu sekaligus ngurusi dirimu. Kebangeten banget kalo sampai suami ga perhatian ke istri, ga mengutamakan istri dan keluarga.
5. Ga semua laki2 (suami) seperti yg ku ceritakan tadi. Meskipun begitu, suami tetaplah teman hidup istri. Jangan sampai hanya krn masalah sepele rumahtangga jd berantakan bagaikan kamar suamiku tanpa adanya aku. Ha ha ha. Kamar e koyok gudang. "kandang singo" kalo kata suamiku. Soalnya aku galak, kalo ada kotoran di kamar, suami langsung aku oprak2 suruh beresin.

Teruntuk suamiquwh yg ipel2 dan uyelable, yg kalo lelah jd gampang marah, meskipun begitu, I keep loving you... 😘

separador

0 comments:

Post a Comment

Followers