Wednesday, October 2, 2019

Aku Selingkuh

Pihak ketiga dalam sebuah hubungan memang sebuah hal yang gak pernah diinginkan siapa pun. Tapi, perselingkuhan memang mudah terjadi entah dalam rumah tangga atau dalam pacaran. Bahkan, dalam dunia pengasuhan anak pun. Iya. Secara gak sadar (ini kondisi yang jarang sekali) dan dalam kondisi sadar sesadar sadarnya, aku sudah selingkuh dari anakku. Baik secara sembunyi sembunyi maupun terang terangan.

Kok bisa?

Sebagai emak emak modern, dalam pengasuhan anak, tentu tak lepas dari yang namanya GADGET. Ya kan? Dimanapun, kapanpun, pasti selalu ditemenin gadget, terutama hape. Saat aku lagi nenenin anak, sambil scroll scroll hape. Saat aku lagi nemenin anak main, fokusku terbagi dua ke hape. Pun saat anakku sudah tidur lelap, di situ aku merasa ingin segera pegang hape, sebelum aku keburu dipegang pegang sama bapaknya si anak. Wkwkwk.

Ya. Hape, hape dan hape. Kerap kali saat bersama anak, yang aku pikirkan, gimana caranya aku bisa berduaan dengan hapeku tanpa ada yang mengganggu. Saat anak lagi gak bisa dikondisikan sesuai dengan jam tidurnya, benakku berkata "Ayolah Nak, cepat bobok. Masih banyak WA yang belum dibales. Upload fotomu buat bikin status juga tadi gak sempet. Mama juga pingin stalking stalking FB. Ada info terbaru apa ya di IG? Duh, barang inceran di flash sale shopee keburu habis. Cepatlah bobooookk".

Aku  paling sebel kalo lagi asyik asyiknya berduaan sama hape, anak bangun dari tidurnya. Sama halnya kalo lagi enak enaknya sama bapaknya si anak, tiba tiba anak bangun pake nangis. Wkwkwk. Perasaan tadi doi tidur aku tinggal beberes rumah berjam jam kagak bangun bangun. Giliran aku baru pegang hape semenit aja udah bangun. Seolah olah kek ada sensornya gitu kalo emaknya pegang hape tuu. Bangun, nenen, tidur lagi. Eeh, baru aja aku gerak dikit mau beranjak dari bed, dianya bangun lagi. Dan siklus bangun nenen tidur lagi tu bisa berulang sampe empat  lima kali. Kesel kan aku jadinya.

Dulu, pas anakku masih bayi, pas dia baru bisa untak untek dalam bedongnya, hingga beranjak umur 14 bulan, dia masih bisa aku selingkuhin. Soalnya dia belum sadar kalo lagi diselingkuhin emaknya. Dia masih mau aku fotoin, aku videoin, atau pas lagi nemenin main sekedar aku tinggal buat kepoin medsos. Anakku masih fine fine aja.

Sekarang, dia udah mulai menyadari kalo ada "pihak ketiga" di antara kita berdua. Dia bisa jadi anarkis saat tau aku pegang hape. Dia rebut itu hape dari tanganku, dia taroh dengan sembarangan, trus dia minta digendong lah, minta nenen lah, minta adek lah. Eh, yang terakhir ini tak betul lah. Wkwkwk. Mau gak mau, aku harus melayani kebutuhan doi kan ya. Namanya juga DOI (dia orang istimewa). Dialah yang pertama dan paling utama bagiku. So, ku acuhkan selingkuhanku itu sementara.

Lama kelamaan, anakku makin menyadari bahwa ada "sesuatu" yang menarik di hapeku. Salahku juga sih, mencoba meredam kemarahan atau kerewelannya dengan cara memperkenalkan 'selingkuhan'-ku padanya, meskipun dengan cara baik baik. Ternyata berujung tak baik. Hiks. Ku perlihatkan daya tarik 'selingkuhan'-ku itu padanya. Mungkin batinnya bilang "Wuiih, ada gambar diriku di sana. Eh, gambarku bisa bergerak dan bersuara. Keren!" dan dia mungkin berpikir "Oo, jadi selama ini mama nonton gambar diriku di alat ini. Kalo gitu, aku juga harus ikutan nonton!"

Sejak saat itu, kalo aku ketauan pegang pegang 'selingkuhan'-ku, anakku akan merengek minta ikut nonton. "Aik odong odong, Ma" (Maksudnya, dia pingin nonton video dirinya naik odong odong). Kalo permintaan pertama gak aku kabulkan, dia masih gigih nyari alternatif "Aju aju, Ma" (Maksudnya, dia pingin diputerin video lagu lagu nursery rhyme kesukaannya). Kalo masih gak mempan juga, dia keluarkan jurus terakhir "Empung papa, Ma" (Dia minta ditelponkan papanya). Apapun dia utarakan demi untuk bisa nonton hape. Kalo permintaannya gak dikabulkan, dia bakalan nangis kejer kek seolah olah sangat tersakiti gitu. Duuh...

Itu semua salahku. Ya. Memang salahku. Aku menduakan anakku sejak dia masih kecil. Kupikir, "Ah dia masih belum tau apa apa". Giliran pas anak udah menyadari dia diduakan, aku masih cari pembelaan, "Besok besok kalo mau main hape, jangan pas ada dia." Makanya, sekarang kalo mau fotoin atau videoin dia jadi susah. Dianya juga pingin pegang hape.

Kejadian kek gitu bagi sebagian ibu ibu keren nan modern, mungkin bukan menjadi hal besar dan perlu dikhawatirkan. Malah terkesan sebagai hal yang lumrah. Bahkan, dengan mudah ngasih hape ke anak, biar gak rewel. Biar anteng duduk manis pas diajak kondangan atau pengajian. Biar kalo makan bisa duduk tenang dan lahap, si anak tinggal mangap, makanan udah sampe ke mulutnya. Omegot! Aku pun pernah begitu. Nyuapin anak sambil nonton hape. Secara sadar, kebiasaan itu buruk, jangan ditiru. Yang udah terlanjur kek gitu, sebisa mungkin diperbaiki. Sebelum terlambat dan dampak buruknya makin menjerat.

Kalopun terpaksanya ngasih hape buat mainan si anak, batasilah interaksinya. Aku sendiri, juga berusaha keras buat batesin anakku main hape, sehari maksimal satu jam. Selebihnya, ajak main anak dengan mainan biasa, bisa corat coret, baca buku, main tunjuk gambar, main kuda kudaan, dll, sekenanya emak aja nih. Aku berusaha jangan mudah luluh dengan rengekan dan tangisannya. Mau si anak nangis kejer, guling guling, sekalinya "time is up" ya itu artinya main hapenya harus distop, gak boleh main lagi. Itu sudah menjadi kesepakatan antara aku dengan anakku. Sebelum ngasih hape ke anak, ku kasih tau dia kalo nonton hape gak boleh lama lama, nanti matanya bisa sakit. Lama lama dia ngerti "batasan" dengan sendirinya. Dia bilang "Ndak yeh ama ama yaa. Atana atiit". Hahaha.

Yuk, Mak, tinggalkan hapemu saat bersama yang terkasih. Habiskanlah waktu bersama orang orang yang kamu sayangi, buatlah mereka merasakan kasih sayangmu. Bangun kelekatan bersama mereka. Orangtua adalah guru pertama bagi anak anak. Anak anak selalu belajar apapun dari orang dewasa. Berilah teladan yang baik! Jangan membuat mereka menganggap, hape lebih penting dari segalanya. Saat kamu sibuk main hape, apakah kamu tahu sudah berapa kali kamu melewatkan tatapan harapan dari si anak? 

separador

0 comments:

Post a Comment

Followers