Monday, October 10, 2016

Suntik TT (Tetanus Toxoid)

Hey you!

Yeah, you...

Pernah ngrasain disuntik imunisasi? Atau setidaknya masih inget gimana rasanya? Kalau pintu bak belakang truk bilang sih "eling rasane, lali bentuke". Apaan itu jal?


Tau gak? Aku ngetik cerita ini sambil sesekali mringis nahan sakit di lengan kiriku hlo. Jadi kalian jangan remehin perjuangan seorang penulis pengetik! Oh iya, di sini kan aku mau cerita penyebab sakit di lengan kiriku. Bukan, bukan krn habis dirajah. (If tattoo were allowed islamicaly, I would have it one, hehe..). Rasa sakit ini karena injeksi. Suntikan Tetanus Toxoid, atau ucapan kerennya "suntik te-te".

Aku yakin kalian pasti udah pernah ngerasain imunisasi ini waktu SD. Ya kan? Ingget nggak? Kalo aku dan teman2 dulu biasa nyebut "cacaran", kalo kuterjemahin ke bahasa persatuan Bahasa Indonesia adl "suntikan". Dulu, aku paling takut kalau udah denger kabar akan ada cacaran (sekarang pun juga masih takut). Saking takutnya, beberapa anak bahkan ada yg sampe nangis (termasuk aku). Meskipun mereka (para petugas cacaran) bilang "Nggak apa2, cuma kayak digigit semut kok". Dan sejak saat itu aku bersumpah tdk akan percaya lagi kalo rasanya disuntik tu kayak digigit semut. Cerita itu hanya fiktif belaka! Alias bohong!

Aku, menjadi saksi utk kesekian kali, bahwa rasa sakit krn suntik vaksinasi, imunisasi, atau apalah itu yg pakai -asi, tdk lah sama kayak digigit semut. Kalo aku tau ada semut gigit aku, bisa aja semut itu ku-pithes, tapi kalo aku tau ada petugas cacaran mau nyuntik aku, gimana cara aku mithes-nya cobak? Gak sama kan?! Ini apaan sih?? Malah gaje...

Oke, back to Tetanus Toxoid. Sebenarnya suntik TT diwajibkan pemerintah buat perempuan yg akan menikah dan juga ibu hamil. Sejak tahun 1986 keterangan suntik TT sebelum nikah menjadi persyaratan penting di KUA. Tujuan suntikan ini biar gak terkena infeksi yg mengakibatkan tetanus pd vagina saat pertama kali berhubungan seks dan pd saat melahirkan. Juga buat keamanan dan kesehatan si dekbay (dedek bayi) nantinya. Perawatan di rumah sakit buat penyakit tetanus biayanya gak sedikit. Parahnya, tetanus bisa bikin mati hlo, makanya kudu dicegah sejak dini. Kalo mau suntik TT, tinggal ke puskesmas atau bidan terdekat.

Kalo aku tadi siang sih di puskesmas. Antre pendaftaran (ini yg makan waktu lama, sampai kekenyangan), lalu bilang ke receptionist kalo mau suntik nikah. Syaratnya nunjukin KTP diri sendiri dan calon misua, eh, suami. Krn tadi aku ke sananya gak ditemani sang calon suami, jadinya aku ngasih data calon suami ke petugas via lisan. Data diri sesuai KTP, berat dan tinggi badan, nama kedua orang tua, dan pendidikan terakhir (persyaratan dan ketentuan masing2 tempat mungkin aja berbeda). Habis itu nunggu dipanggil...

Di sini aku gak akan banyak cerita kronologisnya, dimulai dr receptionist sampai bersarangnya rasa sakit ini. Aku cuma mau menegaskan ke kalian kalo disuntik itu rasanya gak sama kayak digigit semut. Itu aja.

Di saat memasuki ruang eksekusi penyuntikan, mengapa jantungku berdetak, berdetaknya  lebih kencang seperti genderang mau perang... STOP!! (Song: Sedang Ingin Bercinta by Dewa 19). Eh, kalo jantungku stop berdetak, ko'id dong gue! Oke fix, lupakan. Aku cuma ingin menjelaskan betapa ingin aku menghilang biar gak jadi disuntik. Sayangnya aku gak memiliki jubah menghilang, atau cincin menghilang, atau mungkin keberanian ku menghadapi kenyataan lah yg telah lama menghilang. Mau gak mau aku menyemangati diriku sendiri. A-ku-ku-du-se-trong. Mergane wes tak cor, uwes tak lepo. Apa pula ini??! Memangnya bangunan?!

Sebelum penyuntikan, petugas memberikan informasi mengenai pentingnya suntik TT, akibatnya kalo gak suntik, dan periode suntiknya. Suntik TT dilakukan 5x. Dosis 1: diberikan pd kunjungan pertama. Dosis 2: diberikan pada 4 minggu setelah dosis 1. Dosis 3: diberikan 6 bulan setelah dosis 2. Dosis 4: diberikan 1 tahun setelah dosis 3. Dan dosis 5: diberikan 1 tahun setelah dosis 4. Dan expired date nya 25 tahun mendatang. Maksudnya, kita akan terlindungi dr infeksi Tetanus selama 25 tahun ke depan. Petugas akan memberi kalian kartu jadwal suntiknya. Dan aku masih punya hutang 4x suntikan lagi. Astaga!!

Nyess.. Pertama merasakan basah, dingin, dan semriwing di lengan kiri atas krn olesan alkohol pakai kapas, hatiku udah mulai ketar-ketir. Tak sanggup aku melihat jarum suntik yg mulai mengintai sasaran agak empuknya. Sduuuutt... Nyut.. Nyut.. Nyuuutt.. Rasanya macam memar yg ditekan kuat2, macam ditusukin sampe ke tulang, macam pegel gak ketulungan, nyeri tak tertahankan. Sudah.
Selepas jarum suntik dicabut dari lenganku yg gak mengandung banyak daging ini, rasanya tetap senut2. Akhirnya, selesai sudah, tinggal menuai efek sampingnya. Kata petugasnya sih nyerinya terasa sejak disuntik hingga 2-3 hari ke depan. Bahkan ada temenku yg efeknya sampai demam. Semoga aku enggak. Ada yg bilang kalo demam itu tandanya antibodi kita lagi kerja melawan virus yg ada di tubuh kita. Tubuh kita dimasuki virus Tetanus yg udah dinonaktifkan, buat merangsang pembentukan antibodi buat melawan virus itu. Jadi kalo kena virus beneran, kita udah punya pasukan antibodi yg strong. Jadinya kita gak jadi terinfeksi Tetanus.

Pulang ke rumah, aku masih bisa melakukan aktivitas spt biasa, gak terlalu kerasa nyeri. Tapi giliran mandi, brrrr... Dingin, dan ternyata tangan kiriku gak bisa bekerja maksimal, sakitnya kambuh kalo dipake buat kosokan, buat cebok, buat pakai kaos bolong, eh, oblong, juga buat angkat gayung, bahkan buat bertopang dagu kala melamun pun aku tak sanggup. Sakitnya tuh di sini! *sambil nunjuk ke lengan kiri*

Well, itu tadi adl pengalamanku berhadapan dg jarum suntik yg kesekian kalinya. Gak cuma di lengan, di pantat, di paha, dan di gusi pun pernah disuntik. Tapi tetap aja rasa takut itu masih bersarang di hati. Gimana caranya biar gak takut disuntik?? Kasih tau dong...
separador

0 comments:

Post a Comment

Followers