Sunday, May 28, 2017

Puasa Kekinian

Berikut hal-hal kekinian bulan Ramadhan yang seharusnya diperbaiki.

1. Shalat tarawih, tapi tidak shalat isya. Lebih-lebih, shalat isya di rumah, baru datang ke masjid pas tarawihan. Lebih-lebih, datang ke masjid hanya buat nongkrong, cuci mata, kagak shalat sama sekali. Jangan lakukan yang beginian.

2. Bukber (alias buka bersama) di resto/hotel atau di manalah, tapi tidak shalat maghrib. Bukber bareng teman itu seru, sekalian silaturahmi. Apalagi ditraktir. Wah seru. Tapi pastikan shalat maghrib tetap ditegakkan. Nah, ada yg lebih kacau lagi, ikut bukber tapi nggak puasa. Mana makannya paling banyak pula. Ndro, situ memang ujian buat teman2nya.

3. Sibuk selfie di masjid. Ayo, masjid itu bukan tempat wisata. Seharian kita sudah bebas mau selfie di mana saja, tidak perlu ditambahi pas di masjid. Jika lagi ceramah, dengarkan dgn baik, bukan malah update foto, update status. Pun main whatsapp, line, bbm. Duuh, hidup tidak sebercanda itu juga. Buat amannya, HP memang tidak perlu dibawa sama sekali. Shalat paling cuma berapa menit, kita bebas main HP 23 jam lainnya seharian.

4. Puasa pol, tapi shalat lima waktu nggak. Yang satu ini sejak jaman dinosaurus hingga jaman android kekinian memang rumit sekali. Banyak yang bisa puasa ramadhan pol sebulan, tapi shalat lima waktunya bolong-bolong. Semoga pas ramadhan, bisa pol juga shalatnya, pun setelah ramadhan. Apalagi yang jomblo, situ tahan menjomblo bertahun2, masa’ shalat 5x sehari saja nggak kuat.

5. Ngurusin badan. Puasa itu betul, bisa jadi momen buat ngurusin badan. Asyik lihat timbangan. Tapi bulan Ramadhan bukan itu tujuannya. Nggak ada: ‘hai orang beriman, berpuasalah, agar besok kamu jadi kurus’. Lagian, kalaupun pas puasa turun 5 kilogram, ntar habis lebaran malah naik 10 kilogram.

Kurang lebih demikianlah. Jika kalian mau nambahi, silahkan tulis di kolom komentar.

*Tere Liye

separador

0 comments:

Post a Comment

Followers