Thursday, July 9, 2020

Jasmine and The Pee

Anak perempuanku yg bernama Jasmine, selama ini ku kenal sbg anak yg manis nan penurut. MasyaAllah... Tabarakallah... Aku bangga memilikinya. Dia mudah sekali menerima nasihat dariku, mudah dikendalikan, dan kalo dia lg badmood mudah pula diswitch jd good mood, jd feeling good. Lucunya lagi, kalo dia dinasihatin, terkadang malah balik nasihatin, wkwkwk... 😜

Tapi... Seiring perkembangan dan pertambahan usianya, aku merasa dia tidak sama lagi spt Jasmine yg dulu. Sekarang usianya 27 bulan alias 2 tahun lebihnya sekitar 3 bulan. Detailnya 839 hari (terhitung mulai dari aku posting tulisan ini). Akhir2 ini, aku dibuatnya jengkel dan marah2 krn "hal yg sama." Dia melakukan perilaku yg seharusnya tidak dia lakukan... 😣

Orang tua mana yg sengaja ngajarin anaknya yg jelek2? Pasti ga ada kan? Begitu juga aku, sbg ibunya, dan didukung pula oleh Pak Arief, sbg bapaknya. Kami berdua selalu ngajarin dan nyontohin Jasmine perilaku / adab yg baik, mulai dari hal2 kecil -- yg mungkin orang lain anggap sbg hal remeh temeh sekalipun. Salah satunya adab yg baik saat ke kamar mandi.

Aku ajari anakku adab kalo mau pipis atau pup di kamar mandi. Masuk kaki kanan, keluar kaki kiri. Eh, ini salah Jasmine. Kebalik. Masuk kaki kiri, keluar kaki kanan. Jangan lupa berdoa biar ga diganggu setan. Jangan banyak bicara dan jangan berlama lama. Bukannya sombong, di usia segitu anakku udah hafal lafaz doa kalo mau masuk dan keluar kamar mandi. Bahkan, sejak usianya kurang dari satu setengah tahun, dia udah bisa mengekspresikan rasa kebelet pup-nya dg bilang "eek", sebelum terlanjur brojolan di celana. Dan fase toilet training nya Jasmine terbilang gampang. I'm proud of her! 😘

Did you know? Saat dia berada di fase penasaran dg alat kelaminnya, suka pegang2 alat kelaminnya, dg lugas aku kenalkan nama alat kelaminnya. Kalo anak perempuan itu nama kelaminnya vagina. Kalo anak laki2 itu penis. Dia familier dg dua kata yg dianggap orang lain tabu itu. Bukan menyebut kelamin dg nama palsu spt manuk, burung, titit, dsb. Kukasih tau juga kalo alat kelamin itu sangat berharga, harus dijaga. Harus ditutup, malu kalo sampe kelihatan orang. Ga boleh dipegang pegang sembarangan, takut kena kuman. Aku ngajarin Jasmine tentang pentingnya punya rasa malu.

Tapi terkadang, apa yg selama ini diajarkan pada anak di rumah, bisa rusak oleh ajaran dari luar rumah. Di situ aku merasa perjuanganku selama ini sia2. Hiks. Mo marah, tapinya pada siapa...??

Pada akhirnya, Jasmine lah yg menjadi korban kemarahan emaknya krn melakukan "hal yg sama" itu. Dua hari lalu, pagi2 Jasmine udah mandi, perut udah terisi, ready lanjut dinas ke luar (bermain sama temen2nya). Selang beberapa waktu, aku memergokinya jongkok tanpa rok di halaman rumah orang. Ternyata dia pipis di sana. Astaghfirullah... 🤦‍♀

Kutarik dia pulang, kubersihkan, kupakekan roknya kembali, lanjut dia pergi dinas lagi. Nyang mburi omah (lokasi favorite anak2 buat main). Nah, neng kono enek kalen sbg pemisah antara jalan dan sawah. Jasmine main ke sana sama sodaranya. Pulang2, ku lihat dia telanjang, roknya basah dan dicangking. Aku dapat laporan dari sodaranya kalo anakku habis pipis neng kalen.
Astaghfirullah... 🤦‍♀ (1)

Tadi siang, Jasmine melakukan aktivitas yg sama kek biasanya, main sama temen2nya. Waktu itu aku ketiduran. Tiba2 aku diteriaki sama Pak Arief "Ma, hlo Jasmine udoh!" (Jasmine telanjang).
Aku kaget, mak tratap, kepala pusing krn terbangun mendadak. Mak bedunduk, mak pethungul, kulihat bocahnya muncul dari balik gorden, menuju ke tempat dimana aku masih berbaring. Tanpa rasa bersalah, dan dg polosnya dia melapor padaku "Mama, celanane Jasmine ditotoli" (Celananya Jasmine dikotori).

Tapi yg terlintas di pikiranku seketika itu adalah:
Astaghfirullah... 🤦‍♀ (2)
Terjadi lagi??!! 😲😓
Pemandangan macam apa ini??!! 😤😣

Segera kutarik Jasmine sambil mencari dimana keberadaan celana hijaunya. Kata2 intrograsi meluncur begitu aja dari cangkem ini, tanpa ba bi bu, tanpa peduli ekspresi gadis kecil itu -- yg mungkin ketakutan krn emaknya teriak2.
Jasmine kenapa pulang2 telanjang (lagi)?!
Habis pipis sembarangan (lagi)?!
Pipis sama siapa (lagi) kali ini?!
Pipis dimana?!
Mana celananya?!
Dan bla bla bla...
Emaknya berubah jd kayak monster, Jasmine nangis kejer.

Kutemukan celana Jasmine tergeletak di halaman tanah dlm kondisi basah dan kotor. Di tanah itu ada dua bagian yg basah (aku menduga, salah satunya adl bekas pipisnya Jasmine). Segera kugiring anakku ke kamar mandi, kubersihkan, kupakekan celana ganti yg bersih. Kugendong dia ke tempat tidur. Kubaringkan dia di kasur.

Dia masih nangis2, sambil bilang "Maaf ya Maaa..." (Selalu spt itu, tiap kali kena marah, dia pasti bilang begitu). Anaknya ku omongin banyak2... Sambil ku usap2 kepalanya, punggungnya... Aku tau, dia lelah dan ngantuk, lagipula sekarang adl jam bobok siangnya.

Jasmine jangan pipis sembarangan lagi.
Malu, dilihat orang.
Nanti bau pesing, kan di sana buat lewat orang.
Allah suka anak yg bersih.
Kalo pipis di kamar mandi. Trus cawik.
Lain kali jangan diulangi lagi yaa.
Janji?
Mama ga suka Jasmine pipis sembarangan.
Bla bla bla... Hingga anaknya ketiduran...

Mungkin, bagi sebagian ortu, anak pipis di mana aja, adl hal lumrah. Malahan, ada yg kalo anaknya pengen pipis, disuruh pipis di depan rumahnya. Bukannya dianter ke kamar mandi. Tapi bagiku, aku ga mentolerir perilaku anakku yg semacam itu. It's oke kalo dia masih ngompol, it's not a big deal. Yang jadi masalah adl aku ga suka dia dg sengaja pipis sembarangan.

Dan aku adl tipe emak yg akan menerapkan konsekuensi atas perilaku anakku yg menyimpang dr aturan. Kami sepakat, kalo Jasmine melakukan suatu pelanggaran, itu artinya bakalan ada jatah kesenangannya yg berkurang. Jasmine senang main HP, senang mimik susu kotak, juga makan jagung bakar. Karena dia pipis sembarangan (berkali kali), maka kesenangan itu kucabut darinya. Ga ada jatah main HP menjelang tidur (boleh nonton tapi ga boleh sbg operator), ga ada jatah beli susu kotak, pun jagung bakar. Hahahaha 😈

Dianggap sbg emak yg jahat? 😏
Bodo amat! 😝

Aku bukanlah ibu yg sempurna atau sok sempurna dlm hal mendidik anak. Aku cuma ibu yg pingin memiliki anak yg lebih baik dari diriku yg apalah2 ini. Memilikinya bisa menjadikan diriku lebih baik lagi. Mungkin saat kecil, anak kita terlihat begitu manis, baik, dan sholih, tapi belum tentu kelak dia akan tetap spt itu. Dan belum tentu juga anak yg masih kecil terlihat nakal, bandel, suka bikin onar, besok gedenya akan terus begitu. Tugas kita sbg ortu hanyalah mendampingi mereka agar anak2 kita tetap berada di jalur yg seharusnya. Kita ga pernah tau sampai kapan kita bisa membersamai mereka. Maka dari itu, selagi kita masih ada, mari kita tanamkan adab2 yg baik sedari dini, karena masa2 itulah anak2 mudah diajari. Sungguh, mereka adl spons yg luar biasa, mudah menyerap apapun di sekitarnya. Mari kita didik anak2 kita adab2 yg baik sebelum mereka terlanjur dididik oleh lingkungan. Semoga senantiasa Allah membentengi anak2 kita dr perilaku yg buruk.

Sekian.
Saya, emak yg leluasa main HP krn ga dipinjem oleh anaknya 😆😈😜

separador

0 comments:

Post a Comment

Followers