Sunday, June 5, 2016

Tips Salat Tarawih Ramadhan Tahun Ini (Serah Lo Dah!)

Hari pertama bulan Ramadhan udah ditentuin, malam ini gue dan sohib gue berniat melaksanakan salat tarawih pertama di mesjid di pertigaan jalan kampung. Biar salat tarawih gue gak kacau kek tahun lalu, makanya gue mau ngasih tips buat sohib gue itu. Lo para pembaca juga boleh ikutan baca and praktekin tips di bawah ini.

Pakai sendal yang biasa aja
>> Gak perlu pake sandal/ sepatu mahal, pakai yang biasa aja, sandal swallow cukup, gak perlu bawa itu sandal lo yang belakang tumitnya ada lampu kelip-kelipnya.
<< Kenapa gak boleh? Sandal-sandal gue ini.
>> Bukannya kenapa-kenapa. Lo kan tau sendiri jamaah di masjid kalo Ramadhan –apalagi di awal begini– kek krumunan pembeli pakaian obral seribu tiga di pasar tradisional. Membludak.
<< Trus kenapa kalo jamaahnya banyak? Malah bagus dong banyak yang pada tobat! Memang ada yang bakalan nguntit sandal gue gitu?
>> Bukan karena sandal lo itu takut dimaling orang, tapi sandal-sandal itu bisa aja gak sengaja ketuker. Namanya juga orang ramai, bukan otomatis ilang karena ada yang niat ngambil. Nah, daripada kepikiran nasib sandal lo yang kece badai itu, trus malah jadi gak khusu' salatnya, mending bawa sandal yang biasa-biasa saja.
<< Sandal gue udah gue tag kok. Tenang aja.
>> Serah lo dah! *ngunyah sandal swallow*

Gak perlu bawa HP/ gadget
>> Gak perlu bawa HP juga.
<< Lo tega? Gue kan nomophobia (pecandu HP)
>> Yaudah, boleh bawa HP, tapi disilent aja. Jangan kasih HP lo itu nada dering yang super kenceng, mo itu kasidahan, mo dangdutan, rock n roll, tetep aja ngeganggu.
<< Tar kalo ada panggilan alam gak denger dong?
>> Lo itu mau salat apa cuma mau pindah tempat ngobrol sih?! *mencoba sabar*
<< Iya, deh, iya. Tar HP gue mau buat foto-foto doang kok.
>> Serah lo dah! *ngedumel dalam ati*

Cukup Allah saja yang tahu amal ibadah kita
>> Kalo lo terpaksa kembar siam sama HP lo, please jangan buka facebook ato media sosial pas ustad lagi ceramah, apalagi pas imam udah mulai takbir. Lo mau update status? Nanti aja!
<< Kalo nanti-nanti udah keburu basi infonya, gak up to date dong?
>> Memang lo mau update status "lagi sujud rakaat pertama nih"? Ato lo tega mau update “asyiiik, bentar lagi salam”? Oke, fix. Itu lebay, meski niat lo baik nan tulus. Foto-foto live salat tarawihnya juga nanti aja kalo udah kelar salatnya. Kalo boleh gue kasih saran sih cukuplah Allah yang tau amal ibadah kita, Sob. 
<< Sebenernya gue mau update status “duh, saking semangatnya mau tarawih, baru sadar kalo gue lupa bawa sarung.” *masih pake cancut*
>> GUBRAK!! *kepleset kulit duren* Serah lo dah!

Pakai pakaian terbaik
>> Sebaiknya lo pake pakaian terbaik sebagai simbol rasa senang dan penghormatan menunaikan ibadah tarawih, Sob!
<< Duh, baju hangat hadiah dari pacar gue mana ya...? *ngobrak abrik isi lemari, padahal lemari es*
>> Woy! Lo itu mau ke mesjid, bukan ke gunung. Lagian lo kan udah putus sama pacar lo.
<< Tapi kan itu baju gue yang penuh kenangan.
>> Udah, pake pakain yang biasa lo pakai ke kondangan itu aja.
<< Ini? *kemeja Nevada, jam tangan Alba, HP Sony Xperia, parfum Bvlgari Aqva, dan jangan lupa sarung cap Manggis*
>> Serah lo dah! Yang penting lo pake pakaian dan barang-barang bagus ke mesjid bukan buat nyombong, pamer, itu bisa merepotkan diri sendiri, Sob!

Jangan baper
>> Meski lo sekampung sama pacar lo, ato lo udah putus sama pacar lo, ato sampai detik ini lo masih menjomblo, plis deh! Mesjid bukan tempat buat pacaran ato cari gebetan. Jangan ganjen, cuci mata, tebar pesona, flirting-flirting, mbribik gak jelas.
<< Buat gue, cukuplah flyover yang jadi tempat pacaran gue dulu.
>> Serah lo dah! *ngemil beton pagar flyover*
<< Abis, pacaran di tempat romantis bawaannya baper mulu sih.
>>Ramadhan gak perlu ditambahin modus, baper (bawaannya laper), dkk.
<< Eh, gue jadi keinget mantan pacar gue dulu bilang: “Sebaik-baiknya hubungan, pasti ada berantemnya, tapi itu bukan alasan untuk putus. Justru di situlah Tuhan menguji kita dan kita harus melewatinya sama-sama”
>> Tapi nyatanya putus juga. Bitch please, Tuhan gak pernah ngijinin pacaran. Jangan ge’er Coeg!

Jangan bikin gaduh
>> Tar kalo udah di masjid, jangan berisik, jangan ngobrol, cekikikan, macam kuntilanak ngegalau.
<< Gue janji gak bakal berisik.
>> Sip *acungkan jempol* Tarawih itu habis isya. So, pastikan yang wajib dulu dikerjakan, jangan pergi ke masjid cuma buat salat tarawih baru pulang ke rumah salat Isya.
<< Btw, gue tadi belum sempet makan, perut gue brisik banget nih, cacing-cacing pada konser rock n roll. Gue pulang makan dulu ya... Tarawih kan sunnah, gak tarawih gak papa kan?
>> Serah lo daaah!! *makan mercon*

Karena gue bukan ahli agama, jadi gue kagak tau lagi mesti gue apain sohib gue itu. Udah gue kasih tips –yang menurut gue simpel– ujung-ujungnya sohib gue kagak jadi ke mesjid buat salat tarawih. Yaudahlah, sekian aja. Setidaknya diriku pernah berjuang, meski tak pernah ternilai dimatamuu~ *Song : Tak Pernah Ternilai by Last Child*  
PLETAK!!
*kena timpuk mic-nya imam*
BRISIK WOY!!


separador

0 comments:

Post a Comment

Followers